Jurusan Pendidikan Yang Cocok Menjadi Jasa Pembuatan Website Profesional

Jurusan Pendidikan Yang Cocok Menjadi Jasa Pembuatan Website Profesional

Banyak pertanyaan yang diajukan oleh para pemula ketika ingin membuat Jasa Pembuatan Website Profesional apa yang harus dilakukan? Tentu awal mula dari ini semua, kamu harus memahami dulu tentang web programing.  Dan untuk hal itu, jurusan pendidikan yang cocok adalah kuncinya. Atau lebih tepatnya jangan sampai salah jurusan.

Ketika mengambil jurusan ketika masuk PTN, kamu bisa mengambil Teknik Informatika (TI) untuk belajar Web Programing. Di sini kamu nanti akan diberikan dasar-dasar untuk belajar bahasa pemrograman. Dan pada semester tertentu juga ada penjurusan yang dapat kamu ambil misalnya web programing atau rekayasa web.

Untuk belajar web programing, biasanya pada tahap awal kamu akan belajar tentang Algoritma HTML, PHP dan lainya. Tentu hal ini tidak akan mudah kamu pelajari, karena sebagian besar inti dari ini semua adalah logika. Dan jika nanti kamu sudah menguasai itu semua, masih ada kelanjutan yang harus kamu pelajari.

Misalnya tentang CSS, Data Base, JavaScript, Dan juga Framework. Itu semua harus kamu kuasai dengan baik, supaya nanti ketika sudah lulus dapat di praktekan dengan mudah di dunia kerja.

Untuk belajar tentang web programing, lebih baik untuk mengusai lebih dari satu dari semuanya itu. Misalnya bahasa pemrograman seperti PHP, kamu bisa menguasai bahasa pemrograman lain seperti python, C#, Swift, Scala dan lain sebagainya. Hal ini untuk menambah kreasi kamu, paling tidak kuasai 2 diantaranya.

Mengenai Data Base juga begitu, kamu harus menguasai tidak hanya satu. Paling banyak orang menggunakan MySQL untuk manajemen database mereka. Padahal masih ada manajemen database yang lain seperti MariaDB, Oracle Database, Firebird, dan yang lainnya. Memang semua itu memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.

Di dalam PHP juga banyak terdapat teknologi baru untuk perkembangan sebuah website. Misalnya Framework yang lahir dari code-code PHP untuk menghasilkan website dengan lebih cepat. Framework yang cukup terkenal dikalangan programmer adalah Laravel, Yii Framework, Zend Framework dan Code Igniter.

Baca juga : Kursus Pemasaran Online untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Untuk desain web (CSS) juga terdapat Framework untuk memudahkan pengerjaan suatu web. Misalnya, Zurb Fondation, Less dan Sass. Dan ini semua itu memiliki kegunaan masing-masing sesuai dengan kebutuhan.

Jika sudah tahu dasar-dasar itu semua, dan mengetahui berapa banyak yang harus kamu kuasai, itu sangat menentukan apa yang akan menjadi pilihan. Jika kamu lebih suka pada desain web(front-end developer) kamu harus lebih menguasai hal-hal yang berhubungan dengan HTML, CSS, dan JavaScript.

Dan untuk kamu yang suka ke web programmer (back-end developer) fokus saja untuk mempelajari PHP, MySQL dan juga berbagai Framework yang ada. Kedua itu di pisahkan agar mudah dalam pembuatan website skala besar seperti untuk perusahaan atau juga web application.

 

Avatar

About the author